Laman

Kamis, 22 November 2012

TUGAS MATA KULIAH BAHASA INDONESI KE-3

Dibuat secara kelompok :  
Kelas 3KA23

Budi Pratama     : 11110470 
Nuri Afriyanti     : 15110169  
Toni Tanamal      : 16110931

1.   Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
a)      RAGAM BAHASA
Ragam Bahasa artikel di atas ialah ragam bahasa formal
b)      DIKSI DAN DEFINITIF; 
        •   User interface
Penerjemahan    : Antarmuka Pengguna
Penerapan         : Antarmuka Pengguna
        •  Dashboard
Penerjemahan    : Papan Visualisasi
Penerapan         : Tampilan Panel Pada Komputer
        • Switch
Penerjemahan    : Beralih
Penerapan         : Berpindah-pindah
        • File
Penerjemahan    : Berkas
Penerapan         :Dokumen
c)       PERBAIKAN KALIMAT;
Artikel diatas menurut kami kurang efektif dalam beberapa kalimat, untuk menghindari kesalahan penalaran, maka kami perbaiki menjadi:
“Sesuatu yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai penghubung bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.”

d)      TOPIK DAN OPINI;
Topik      : Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.
Opini       :  User Interface (antar muka pengguna)  merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
a)      RAGAM BAHASA;
Ragam Bahasa artikel di atas ialah ragam bahasa teknis
b)     DIKSI DAN DEFINITIF;
        •   Scanner
Penerjemahan: Pemindai
Penerapan         : Penyaring Gambar
        • Optic
Penerjemahan: Optik
Penerapan         : Tampilan
        • Elektonic
Penerjemahan: Elektronik
Penerapan         : Sesuatu yang menggunakan energi listrik
        • Imaging
Penerjemahan: Pencitraan
Penerapan         : Pencitraan terhadap gambar
        • Transmisi
Penerjemahan: Pergerakkan
Penerapan         : Pengiriman data
c)      PERBAIKAN KALIMAT;
Dalam artikel tersebut menurut kami sudah cukup baik. Baik dari penulisan maupun pemilihan kata, hanya saja ada satu kalimat yang agak boros sehingga kami perbaiki menjadi:
Scanner  atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian diproses oleh komputer, ditampilkan di monitor, serta disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke komputer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industri baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.”
d)     TOPIK DAN OPINI;
Topik              : Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.
Opini               : Scanner merupakan salah satu perangkat input computer yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, maupun gambar dari objek dan dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar